Bone Bolango

ANTISIPASI AMBRUKNYA JEMBATAN PENGHUBUNG KE PESANTREN HUBULO, MASYARAKAT SECARA SWADAYA MEMBUAT TANGGUL

Gorontalo.tv. BoneBol – Jembatan Palanggua penghubung ke Pesantren Hubulo yang berada di Desa Talulobutu Kecamatan Tapa kondisinya sudah mulai mengkawatirkan, terlihat disamping kiri kanan tanggul penahan jembatan sudah mulai longsor di gerus aliran sungai palanggua akibat banjir dalam 2 minggu terahir ini. Akibatnya banyak masyarakat yang lalu lalang melewati  jembatan tersebut kuawatir jembatannya akan ambruk secara tiba-tiba.

Bukan hanya jembatan , disepanjang bantaran sungai palanggua kondisinya sudah banyak yang longsor hal ini bisa mengancam sarana permukiman warga yang berada di Desa Talulobutu Kecamatan Tapa apabila tidak segera di antisipasi secepatnya.

Melihat kondisi ini, sejumlah masyarakat Kecamatan Tapa yang dikoordinir Kepala Desa Talulobutu melakukan kerja bakti membuat tanggul tambuala sementara dari karung yang berisi pasir secara swadaya.

Kepala Desa Talulobutu Herman Eki mengaku kuawatir melihat kondisi jembatan saat ini, menurutnya jembatan penghubung ke Pesantren Hubulo ini harus segera di antisipasi dengan membuat tanggul sementara yang berasal dari swadaya masyarakat maupun dari dana desa melalui program penanggulangan bencana.

Sebelumnya Pemerintah Bone Bolango melalui Bupati Hamim Pou secara pribadi sudah ikut berpartisipasi mengatasi pembuatan tanggul sementara, bahkan dari Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo sudah melakukan pengecekan secara langsung ke lapangan melihat kondisi terkini jembatan palanggua untuk bisa dianggarkannya pembuatan bronjong penahan tanah di sepanjang bantaran sungai palanggua Desa Talulobutu Kecamatan Tapa. (SR)

Related posts