Provinsi Gorontalo

BAPPEDA PROVINSI GORONTALO GELAR SOSIALISASI SATU DATA INDONESIA (SDI)

GOTV – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka sosialisasi Satu Data Indonesia (SDI) yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Bidang Pengendalian Pembangunan, Taufik Hanafi, yang juga selaku Koordinator Forum SDI tingkat pusat, Serta Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Oktorialdi, yang juga selaku kepala sekertariat SDI tingkat pusat.

Dalam arahannya wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, sosialisasi Satu Data Indonesia sangat bermanfaat untuk terwujudnya keterpaduan perencanaan pelaksanaan evaluasi dan pengendalian pembangunan, sebab selama ini data yang ada dimasing-masing instansi berbeda-beda. Oleh sebab itu, Presiden RI merasa perlu untuk menetapkan satu Peraturan Presiden tentang Satu Data Indonesia. Perpres diharapkan menjadi arah baru dalam kebijakan tata kelola, dimana sebelumnya belum ada aturan yang mengatur dalam pengelolaan data.

Wakil Gubernur Gorontalo berharap, dengan pelaksanaan sosialisasi SDI di Provinsi Gorontalo, agar seluruh pihak terkait baik itu Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota, untuk melakukan konsolidasi internal dibawah koordinasi BAPPEDA. Membentuk Forum Sekertariat SDI, menyusun produk hukum terkait pembentukan SDI dan melaporkan perkembangan progres implementasi SDI dimasing-masing daerah secara berjenjang.

Related posts