Bone Bolango

BONE BOLANGO TERAPKAN PEMBAYARAN NON TUNAI ‘QRIS’

GOTV – Bertempat di Objek Wisata Lombongo, Bupati Bone Bolango didampingi Pimpinan Bank Indonesia, Pimpinan  BSG Bone Bolango, Pimpinan BSM Gorontalo serta Pimpinan BRI Gorontalo melaunching Aplikasi Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) Quick Respon Kode Indonesia Standar (Qris) di Kabupaten Bone Bolango.

Cikal Bakal dimulainya transaksi online di Kabupaten Bone Bolango ini menurut Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Jusni Bolilio  dimulai pada tahun 2016 dengan adanya kasda online. Menurut Jusni ditahun 2017 dengan dikeluarkan Surat Edaran SK mendagri tentang  implementasi non tunai di seluruh pemerintah, maka melalui instruksi bupati serta surat edaran sekda bone bolango ditahun 2018, seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah sudah mengimplementasikan transaksi non tunai.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Budi Widihartanto dalam arahannya mengatakan Bank Indonesia sejak tahun 2016 sudah melaksanakan pembayaran non tunai mulai dari kliring, transfer dan lainnya. Ditahun  2020 sampai dengan 2025 Bank Indonesia sudah mengembangkan blue print untuk mempercepat ekonomi digital di Indonesia. Dimana menurut Budi Widihartanto 5 pilar penting tentang Blue Print yaitu Bank Indonesia akan mendukung apapun tentang ekonomi keuangan digital di berbagai aspek, Perbankan akan melakukan open banking serta penggunaan ekonomi digital bias diakses diluar negeri.

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou ketika memberikan sambutannya mengatakan kurang lebih 40 sampai 50 daerah sudah menggunakan transaksi digital disemua sector diantara Kabupaten Bone Bolango. Menurut Bupati Hamim Pou salah satu ciri masyarakat millenial adalah konsen dan paham pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi digital. Lanjut dikatakan sekarang ini kita akan menuju Bone Bolango Digital yang lima tahun mendatang akan lebih maju dan cemerlang

Launching Aplikasi Quick Respon Code Indonesia Standar ini diawali dengan Gowes yang mengambil star di center point dan finis di Obyek Wisata Lombongo.

Related posts