Provinsi Gorontalo

PENCANANGAN SENSUS BARANG MILIK DAERAH PEMPROV GORONTALO

GOTV – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyaksikan penandatangan Komitmen Bersama antara Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, dengan Kepala Badan Keuangan, Kepala Dinas Dikbudpora dan Kepala Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo. Penandatanganan yang berlangsung di aula rumah jabatan gubernur menjadi tanda dicanangkannya kegiatan Sensus Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam arahannya mengharapkan agar pendataan barang milik pemprov bisa lebih memetakan aset-aset milik Pemerintah Provinsi Gorontalo. Saat ini masih banyak aset milik Pemprov Gorontalo yang tidak terdaftar, masih tercecer dan tidak bertuan termasuk aset yang telah rusak. Untuk itu melalui Sensus ini diharapkan semua aset tersebut bisa terdata dengan jelas, termasuk aset-aset yang berada diluar Gorontalo dan kepemilikan yang dikuasai oleh perorangan.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo Danial Ibrahim mengatakan, pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan sejak dicanangkan. Nilai aset yang dimiliki Pemerintah Provinsi Gorontalo per 31 Desember 2020 mencapai Rp.3,7 Triliun, namun setelah diaudit tinggal mencapai Rp.2,14 triliun. Untuk itu melalui sensus ini, akan dipetakan aset-aset Pemprov yang kemungkinan sudah hilang, rusak maupun yang akan segera di lelang.

Pelaksana sensus Barang milik Daerah melibatkan pejabat pelaksana pengguna barang dan pengurus barang yang ada dimasing-masing SKPD, pengurus barang pengelola dibidang aset Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, serta Inspektorat Provinsi Gorontalo selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Related posts