Boalemo Gorontalo Hari Ini

DINAS PUPR BOALEMO BERENCANA AKAN MEMBUAT SUNGAI SUDETAN UNTUK ATASI BANJIR MOHUNGO

GOTV – Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kabupaten Boalemo tengah berupaya mencari solusi untuk mengatasi banjir di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta. Selama musim hujan masih berlangsung, ancaman banjir yang bisa datang sewaktu-waktu di kawasan ini, masih menghantui warga.

Kepala Dinas PUPR Boalemo Mus Moha mengatakan, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Balai Sungai dan Balai Jalan Provinsi Gorontalo untuk mendapatkan solusi terkait penanganan banjir di Desa Mohungo.

Sebelumnya pada yahun 2018 pihak dari Balai Sungai Provinsi Gorontalo sudah turun kelapangan untuk melakukan survey. Bahkan sudah melakukan pengukuran dengan didampingi oleh Dinas PUPR Kabupaten Baolemo. Namun kendalanya adalah masih banyak warga yang belum merelakan tanahnya untuk dilintasi oleh sudetan sungai.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir dampak banjir, pemerintah saat ini sedang melebarkan dan memperdalam drainase di sisi kanan dan kiri jalan trans Sulawesi. Namun rupanya hal tersebut belum mampu menampung debit air hujan yang turun.

Dinas PUPR Kabupaten Boalemo dalam waktu dekat berencana akan mengangkat seluruh sedimen pada saluran air lama. Diduga endapan di dasar saluran juga menjadi pemicu banjir. Kondisi ini pun rupanya menjadi perhatian Bupati Boalemo Darwis Moridu.

Atas instruksi bupati, Dinas PUPR telah melakukan koordinasi kembali dengan balai sungai dan balai jalan untuk melakukan pemetaan masalah penyebab banjir di Desa Mohungo.

Untuk menindak lanjuti hasil pemetaan, Dinas Pupr berencana akan membuat sungai sudetan. oleh karenanya Mus Moha meminta dukunganĀ  dari pemerintah kecamatan dan desa agar masyarakat merelakan tanahnya untuk dilalui sungai sudetan.

Diberitakan sebelumnya, hari jumat 3 juli 2020, sedikitnya empat dusun di Desa Mohungo terendam banjir setelah diguyur hujan semalaman. Ketinggian air yang mencapai lutut orang dewasa membuat ratusan rumah di Mohungo terendam. Tercatat selama bertahun-tahun, daerah ini menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun.

Related posts