Provinsi Gorontalo

KENAIKAN HARGA PANGAN, MENGAKIBATKAN INFLASI MENINGKAT DI GORONTALO

GOTV – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memimpin jalannya High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Dalam arahannya, Wakil Gubernur mengharapkan kepada TPID Provinsi Gorontalo, untuk tetap menjalankan program 4K, yaitu Keterjangkauan Harga, Kecukupan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan komunikasi efektif antara TPID Provinsi dan Kabupaten Kota.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengharapkan kepada TPID Kabupaten Kota, agar bisa melakukan tindakan nyata, terencana dan terukur, serta melakukan operasi pasar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Wakil Gubernur Gorontalo juga meminta kepada dinas pertanian, untuk bisa memantau ketersediaan pupuk, mengingat tingginya angka inflasi diawal tahun 2021, akibat dari kurangnya produksi pertanian.

Sebelumnya BPS Provinsi Gorontalo mencatat, inflasi Gorontalo pada Februari 2021 sebesar 0,22 persen, sedangkan inflasi nasional pada periode yang sama sebesar 0,10 persen.

Tingkat inflasi tersebut dipengaruhi oleh tekanan pada perkembangan harga komoditas pangan yang menyumbang inflasi sebesar 0,22 persen. Komoditas pangan penyumbang inflasi tersebut di antaranya tomat, cabai rawit, serta ikan tuna dan ikan malalugis.

Related posts