Gorontalo Hari Ini

RANPERDA APBD PERUBAHAN 2023 BONE BOLANGO AKHIRNYA DIPARIPURNAKAN OLEH DPRD

GOTV – DPRD Bone Bolango akhirnya menetapkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda). Hal tersebut terlihat saat digelarnya rapat paripurna dalam rangka Pembicaraan Tingkat dua terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Bone Bolango tahun 2023.

Rapat yang berlangsung diruang rapat paripurna DPRD Bone Bolango, Jumat (25/8/2023) dipimpin Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu dan dihadiri Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dengan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Bone Bolango.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bone Bolango, Faisal Yunus dalam laporannya menyampaikan, APBD Perubahan  merupakan agenda rutin dalam tahapan pengelolaan keuangan daerah. Perubahan APBD dilakukan akibat dari tidak sesuainya kebijakan umum anggaran pemerintah daerah.

Ketidak-sesuaian tersebut diantaranya akibat tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah, Sumber Belanja Daerah dan Alokasi belanja daerah yang semuanya sudah ditetapkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Faisal Yunus juga menyampaikan jika kondisi keuangan daerah sejak masa pandemi covid-19 hingga tahun 2023 ini mengalami turbulensi, dimana nilai pendapatan tidak sesuai dengan belanja daerah. Untuk itu pihal legislatif yang merupakan bagian dari Pemerintah Daerah Bone Bolango terus memikirkan upaya untuk keluar dari kondisi fiskal daerah yang cukup lemah.

Dalam pembahasan APBD Perubahan dengan pihak Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bone Bolango, terdapat beberapa catatan yang disampaikan oleh Faisal Yunus. Diantaranya mengenai dana hibah pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 yang sudah harus dianggarkan ditahun 2023 ini, pajak dan retribusi daerah harus bisa dioptimalkan oleh masing-masing OPD dan mensosialisasikan terkait hal tersebut kepada masyarakat.

Diakhir kegiatan, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dan Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu melakukan penandatanganan nota kesepahaman perubahan ranperda APBD Perubahan menjadi Perda.

Related posts