Boalemo Gorontalo Hari Ini

SMKN 1 BOALEMO SIAP MEMBUKA SEKOLAH DIMASA PANDEMI

GOTV – SMKN 1 Boalemo memastikan siap untuk membuka sekolah kembali dimasa pandemi. Sarana prasarana maupun metode pembelajaran yang akan digunakan saat tahun ajaran dimulai telah dipersiapkan dengan matang.

Kepala Sekolah SMKN 1 Boalemo,  Ajis Djakatara kepada GOTV Boalemo membeberkan jika saat ini, pihak sekolah telah menyiapkan tempat cuci tangan di tiap-tiap kelas serta alat pengukur suhu tubuh.

Namun karena SMA dan SMK berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Gorontalo,  maka sekolah masih menunggu instruksi dari provinsi terkait kapan akan dibukanya kembali sekolah.

Disebutkan ada empat syarat yang diperlukan untuk melakukan pembukaan sekolah, diantaranya  sesuai dengan instruksi dari provinsi, daerah atau lokasi sekolah tidak masuk dalam zona merah, kesiapan sarana dan prasarana sekolah, serta kesiapan dari orang tua atau wali siswa. Untuk SMKN 1 Boalemo  saat ini sudah tiga komponen yang terpenuhi, dan hanya menunggu instruksi dari Dinas Dikbudora Provinsi Gorontalo.

Sebelumnya pihak sekolah sudah melakukan survey terhadap 411 responden yang merupakan orang tua siswa. Dari survey tersebut, 70 persen menyatakan siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Dalam survey tersebut, sekolah tidak pernah melakukan pemaksaan. Pihak sekolah memberikan dua opsi jika orang tua tidak setuju, maka sekolah tidak akan dibuka dan siswanya bisa melaksanakan belajar dari rumah (BDR).  Sebaliknya  jika orang tua setuju, maka sekolah siap untuk dibuka kembali.

Sekolah juga menyediakan dua pilihan untuk siswa jika seandaikanya sekolah tidak jadi dibuka dan akan melakukan BDR bagi orang tua yang memiliki fasilitas untuk melakukan pembelajaran secara online maka siswa bisa BDR daring.

Sedangkan untuk orang tua yang tidak memiliki fasilitas tersebut, siswa bisa melakukan pembelajaran secara luring atau luar jaringan. Sekolah telah menyediakan modul yang bisa dijemput orang tua setiap satu minggu sekali.

Related posts